Alat dan bahan
1. Benang
wol
2. Gunting
3. Selotip
4. Sedotan
(lebih disuakai yang bergaris warna-warni )
5. Kartu
dari kertas lipat ,kurang lebih berukuran setengah x setengah inchi
6. Pelubang
kertas
7. Kartu
dari kertas putih.
Petunjuk kegiatan
v Sebelum
memulai ,guntinglah benang wol menjadi beberapa potongan yang panjangnya 24
inchi .kemudian bungkus dengan solatip transparan di salah satu ujungnya dan
buat simpul mati di ujung yang lain.
v Gunting
sedotan menjadi beberapa potongan berukuran 1 inchi.
v Buatlah
satu lubang di setiap kartu kertas lipat dan tuliskan angka yang ingin anda
gunakan ( semua katu boleh berbeda warna atau warnanya di sesuaikan dengan
angka yang di gunakan,misalnya merah muda untun angka 3,kuning untuk angka
4,dan seterusnya )
v Tulislah nama anak di kartu dari kertas putih
yang berukuran sedikit lebih besar daripada kartu kertas lipat.Buat satu lubang
di tepi kartu.
v Kumpulkan
semua bahan dan mulailah bermain.
v Jelaskan
bahwa anak akan di ajak membuat kalung angka ,misalnya 3,dan tulislah angka 3
disetiap kartu kertas lipat.
v Bantu
anak memilih seuntai benang wol.Tunjukan cara memulainya,yaitu memasukan kartu
yang bertuliskan namanya terlebih dahulu hingga ke ujung benang yang di simpul
mati.
v Lanjutkan
dengan memasukan kartu angka hingga ke
ujung,lalu diikuti dengan potongan sedotan (jumlah sedotan sesui dengan angka
yang di gunakan.)
v Masukan
kartu angka lagi,diikuti oleh potongan sedotan sejumlah angka yang di gunakan .
v Berikan
semangat pada anak untuk menyelesaikan kalungnya dengan terus menambah
kartu dan sedotan hingga benang wol
terisi penuh .
v Setelah
itu,ikatlah keda ujung benang untuk membuat kalung dan kenakanlah pada anak.
v Ulangilah
kegiatan ini beberapa kali dengan angka yang berbeda.
Kgiatan tambahan
Matematika:
Seiring dengan meningkatkan kemampuan
anak menguasai angka,buatlah kalung dengan angka yang berurutan
.Misalnya,gunakan angka 1 dan satu potong sedotan,kemudian angka 2 dan 2 potong
sedotan ,dan seterusnya sesuai dengan angka yang di inginkan.
No comments:
Post a Comment